Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.  

Sejarah Desa Sumbermulyo

JASMARI | 26 Agustus 2016 22:38:09 | 7.547 Kali

Sebelum dinamai Desa Sumbermulyo,dahulu terdapat seseorang bernama Mbah Samak yang datang pertama kali ke Desa Sumbermulyo. Ia adalah seorang pengembara yang datang ke desa tersebut  dan sangat menyukai lingkungan desa Sumbermulyo. Ia membuka lahan di sekitar rumahnya, kemudian lahan tersebut ditanami tanaman palawija. Pada tahun 1800-1900 Mbah Samak ingin mencari pasangan dan bertemu dengan Nyai Sarinten yang berasal dari Kalipang. Perkawinan Mbah Samak dan Nyai Sarinten mempunyai keturunan dan sampai beranak cucu sampai turunan. Mbah Samak bertempat tinggal di dukuh Kilengan yang sekarang menjadi Rt 04.

Terbentuknya Desa Sumbermulyo berawal dari sebuah dukuh yang terbentuk menjadi satu yaitu terdiri dari Dukuh Padusan,Dukuh Kilengan,dan Dukuh Pekilen. Awalnya Dukuh Padusan dan Dukuh Kilengan merupakan sebuah daerah berbeda yang mempunyai dua petinggi (Kepala Desa), kemudian Dukuh Padusan dan Dukuh Kilengan

menyatu terlebih dahulu lalu disusul Dukuh Pekilen. Setelah menyatunya ketiga dukuh tersebut terbentuk sebuah desa yang bernama Desa Sumbermulyo. Sumbermulyo terdiri dua kata yaitu “Sumber” yang artinya sumber penghasilan dan “Mulyo” artinya mulya atau bagus dan/ makmur. Nama Desa Sumbermulyo artinya sebuah desa yang makmur dengan penghasilan pertanian dan hasil bumi. Desa Sumbermulyo makmur dengan hasil pertanian karena tanahnya yang subur dan hasil bumi yang melimpah. Pada masa sekarang Desa Sumbermulyo berkembang dengan kemakmuran penduduknya yang mengandalkan hasil pertanian yang merupakan potensi desa yang besar di Desa Sumbermulyo.

Deskripsi Desa Sumbermulyo

Desa Sumbermulyo merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Sebelah utara desa Sumbermulyo berbatasan dengan Kalipang, Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Gonggang, sebelah timur berbatasan dengan Kalipang, dan sebelah barat berbatasan dengan Kebloran. Desa Sumbermulyo terdapat nama-nama kepala desa/lurah/petinggi yaitu terdiri 8 kepala desa yaitu:

  1. Samin
  2. Markaban
  3. Abdullah
  4. Basah
  5. Jamilun
  6. Irsyadul Ibad
  7. Wahid
  8. Ahmad Nur Rofiq

Potensi Desa Sumbermulyo di bidang pertanian dan saat ini terdapat 4 kelompok tani. Tanaman yang tanam adalah tanaman palawija yang saat ini menjadi sumber penghasilan warga Desa Sumbermulyo. Lahan pertanian digunakan secara bergantian sesuai dengan kondisi cuaca/musim. Tanaman palawija yang di tanam terdiri dari padi,kedelai,timun,cabai,semangka,dan melon. Jumlah petani di Desa Sumbermulyo terdiri dari 1.853 orang, Buruh tani 229 orang. Sebagain besar masyarakat di Desa Sumbermulyo bekerja sebagai petani bagi mereka yang mempunyai lahan pertanian dan yang tidak mempunyai lahan pertanian bekerja sebagai buruh tani. Desa Sumbermulyo terdiri dari 3 RW dan 14 RT dan tiga perdukuhan yaitu Dukuh Padusan,Dukuh Kilengan,dan Dukuh Pekilen.

Jumlah penduduk Desa Sumbermulyo terdiri dari 2.529 jiwa dan 812 jumlah kepala keluarga.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : --
Desa : SUMBERMULYO SARANG
Kecamatan : SARANG
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59251
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung